Pengaduan 0898 9899 989 humas@komunitaskonsumen.id

KKI MENERIMA 22 PENGADUAN DFSK GLORY 580 CVT TURBO TIDAK BISA NANJAK

Senin 25 Januari 2021

Yth. Rekan-rekan Media,

Komunitas Konsumen Indonesia (“KKI”) pada tanggal 12 Desember 2020 sampai dengan tanggal 12 Januari 2021 lalu membuka Posko Pengaduan untuk jenis kendaraan Glory 580 1.5 CVT Turbo merek DFSK yang diproduksi oleh PT SOKONINDO AUTOMOBILE (“SOKON”) pada websitenya “https://komunitaskonsumen.id/”.

Pengaduan dibuka oleh KKI mengingat banyaknya keluhan pemilik Glory 580 1.5 CVT Turbo merek DFSK yang mengalami kendala pada saat berjalan di tanjakan setelah sebelumnya 7 konsumen pengguna kendaraan Glory 580 1.5 CVT Turbo merek DFSK mengajukan gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada bulan Desember 2020, karena permasalahan yang sama.

Ketua KKI Dr. David Tobing mengatakan “sejak tanggal 12 Desember 2020 sampai 12 Januari 2021 lalu ada 22 konsumen lain yang mengadu pada posko kami dan menceritakan pengalaman yang kurang lebih sama dengan ke-7 konsumen yang telah menggugat sebelumnya. Konsumen-konsumen tersebut berasal dari Jakarta, Jawa Barat (Bandung, Depok) Banten, Jawa Timur (Surabaya, Malang, Sidoarjo, Pasuruan), Lampung dan Sulawesi Tengah.

Menurut keterangan para konsumen yang mengadu, beberapa sudah diperbaiki tetapi sampai saat ini kendaraan mereka masih tidak dapat berjalan di tanjakan atau stop & go, dan ada juga kendaraan yang dijanjikan akan di buy back oleh pihak DFSK tapi belum direalisasikan”.

Sehubungan dengan pengaduan-pendaduan tersebut, KKI sebagai Lembaga Perlindungan Konsumen yang berwenang mewakili Konsumen berdasarkan UU Perlindungan Konsumen akan mengundang pihak DFSK untuk menyelesaikan pengaduan-pengaduan tersebut.

Sementara itu terhadap gugatan ke-7 Konsumen sebelumnya dengan nomor perkara 1025/Pdt.G/2020/PN JKT.SEL, akan dilakukan sidang pertama pada hari Rabu, tanggal 27 Januari 2021.

David menghimbau PT Sokonindo dan para Dealer yang menjadi pihak Tergugat datang ke persidangan pertama untuk menunjukan itikad baik dalam menyelesaikan perkara-perkara tersebut.

“Setelah melihat banyaknya pemilik glory 580 yang mengadu dengan keluhan yang sama yaitu kendala di tanjakan, saya yakin ada masalah serius dan masif pada produksi mobil glory 580 tersebut, lanjut David

Sebaiknya Sokonindo mengakui ada masalah cacat produksi pada Glory 580 1.5 CVT Turbo merek DFSK dan melakukan langkah-langkah konkrit demi menjamin keamanan dan keselamatan pemilik kendaraan. “pungkas David

Terima Kasih
Kuasa 7 Penggugat/
Ketua Komunitas Konsumen Indonesia

Dr. David Tobing
Hp. 08129899989
Wa. 08159999989

Sebarkan