Pengaduan 0898 9899 989 humas@komunitaskonsumen.id

15 Maret Diperingati Sebagai Hari Hak Konsumen Sedunia

Diantara Hak Hak Konsumen yang diatur dalam UU Perlindungan Konsumen, terdapat hak konsumen yg paling utama yaitu:

– Hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan atau jasa,

– Hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa yang digunakan dan hak untuk didengar pendapat dan keluhannya serta

– hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut.

Selain pelaku usaha maka dibutuhkan peran serta aktif dari Pemerintah untuk menjamin hak hak konsumen mengingat konsumen berada pada posisi yg lebih lemah dari pelaku usaha yang mengakibatkan posisinya tidak seimbang.

Upaya-upaya Pemerintah dilakukan dengan membuat peraturan yang terkini, melakukan pengawasan secara teratur serta penindakan yang tegas.

Pelaku usaha harus selalu memperhatikan regulasi dalam melindungi konsumen baik dalam fase pra produksi, peñawaran, transaksi maupun pasca transaksi dan memberikan pelayanan yang baik atas keluhan konsumen.

Konsumen sendiri harus beritikad baik dalam bertransaksi dan selalu mengikuti petunjuk dan cara penggunaan barang serta berani kritis terhadap pelaku usaha.

Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) harus menjadi motor perlindungan hak konsumen dengan memberikan advokasi, mediasi dan pendampingan kepada konsumen.

Jika sinergi antara Pemerintah, Pelaku Usaha, konsumen dan LPKSM berjalan dengan baik, niscaya kedudukan konsumen akan terangkat dan hak2 konsumen dapat lebih terjamin.

MAJU TERUS KONSUMEN INDONESIA.

Dr. David Tobing.
Ketua Komunitas Konsumen Indonesia

Sebarkan